Senyum manis dari seorang front office salah satu hotel bintang di kota solo pada waktu itu membuatku sadar akan makna dari sebuah senyuman. senyum mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang dianggap biasa tp dalam dunia hospitality industry senyum adalah bagian dari sebuah profesionalisme. senyum adalah sarana atau intrument manusia untuk meleburkan suasana dari formal ke tak formal, dari situasi rapat yang tegang jd santai, dll.
Berbicara mengenai Hospitality Industry berarti kita berbicara mengenai service atau pelayanan, sehingga siapapun yang bekerja di bidang itu dituntut untuk selalu ramah dengan tamu atau orang yang dijumpai. senyuman atau greeting di dalam sebuah hospitality industry adalah senjata utama, karena dari senyuman ini tamu pasti akan terkesan dengan sambutan baik kita. oleh karena itu tidaklah heran ketika suatu saat nanti anda berkunjung di sebuah hotel anda akan merasa disambut baik oleh mereka, karena itu adalah bagian dari pekerjaan seorang hotelier.
Untuk menjadi seorang good hotelier memang ada beberapa hal yang mungkin harus anda ketahui, pertama adalah Grooming, performence, dll dan yang kedua berkaitan dengan soft skill dan hard skill. soft skill adalah keterampilan yang berkaitan dengan mental, attitude, sikap, dan jiwa, sedangkan hard skill adalah keterampilan yang bersifat konkret, seperti bagaimana meletakan plate yang benar di waktu dinner dll. hard skill adalah ketrampilan yang mudah untuk dipelajari, ketrampilan ini hanya membutuhkan perhatian dan keseriusan untuk berlatih, akan tetapi untuk soft skill membutuhkan banyak waktu karena ini biasanya sudah terbentuk sejak kecil, sikap manja, susah untuk senyum kepada orang, terbiasa bicara kotor merupakan bagian dari kebiasaan yang sudah membudaya jd sangat susah untuk dihilangkan sehingga ini memerlukan treatment2 khusus untuk menyikapinya..
wiji 05 maret 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar