Senin, 27 Agustus 2012

Cukur Rambut atau Potong Rambut

Kemarin siang sekitar pukul 2 siang, aku bergegas keluar rumah untuk pergi ke salon untuk sedikit merapikan rambut yang sudah mulai panjang. Aku berkeliling di daerah Universitas Muhammadyah Surakarta untuk mencari salon yang buka, setelah muter-muter mencari akhirnya solan pun saya temukan dan langsung saja saya mengarahkan motor ke salon tersebut kemudian masuk dengan disambut hangat oleh pegawai salon tersebut.

Perbincangan pun dibuka oleh kapster salon tersebut mulai tanya status kuliah sampe tanya namaku juga hingga saat itu aku bertanya mas perbedaan potong rambut dengan cukur rambut itu apa ya mas? kemudian beliaunya pun menjawad kalau potong rambut biasanya untuk cewek mas dan cukur rambut untuk laki-laki. Tidak puas dengan jawaban mas tadi sampai akhirnya aku membuka kamus untuk sedikit melihat apakah arti kedua kata tersebut sama atau berbeda. Kasus tulisan "potong rambut madura" dan "tukang cukur" yang sering terdapat dipinggir-pinggir jalan semakin membuatku penasaran untuk mencari sebenarnya mana yang benar.

Pertama saya akan membedakan kedua kata tersebut berdasarkan Kelas Kata:
1. Cukur/bercukur/mencukur = Kata Kerja
- Defisini= memotong (membersihkan) janggut (jambang) sendiri dengan pisau cukur.
2. Pencukur = Kata benda
- Defisini = alat/sebutan dari profesi tukang cukur.
Dari sini saya simpulkan secara sederhana bahwa objek dari kegiatan mencukur lebih mengarah ke segala jenis rambut yang keluar dari anggota tubuh.

kedua,
1. Potong= Kata benda
- Defisini = memotong (memenggal, mengerat, mengiris, menebang, menyembelih, dsb) bisa juga digunakan sebagai bantu (penolong) bilangan dari berbagai benda seperti: dua potong kain, dll.
- pemotong = Kata benda
- Definisi= alat/ orang yang memotong.
Kalau dilihat dari objek yang dipotong lebih banyak ke benda yang bersifat keras, hidup, sesuatu yang bersinggungan dengan kehidupan manusia, seperti; pohon, besi, tali, kertas, dsb meskipun dalam sebuah konteks "memotong rambut' juga bisa diartikan sebagai memangkas rambut.

Berdasarkan analisis singkat di atas, saya sedikit menyimpulkan bahwa kata "cukur rambut" lebih sesuai untuk menyatakan tempat untuk mencukur rambut karena kata mencukur objek atau referensi lebih mengarah ke segala jenis rambut sedangkan kata "potong" lebih mengarah ke memotong benda-benda yang bersifat keras, padat dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar